apaan sih "copywriting"????

Copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan, copywriting merupakan kewiraniagaan (salesmanship) melalui media cetak ataupun elektronik, jika penulisan pesan tersebut gagal menarik perhatian (attention) ketertarikan (interest) keinginan (desire) keyakinan (conviction) dan tindakan (action) sebagaimana yang diinginkan maka pesan penjualan atau copy iklan tersebut telah gagal
Penulisan copy iklan merupakan keterampilan penulisan khusus dan memiliki gaya dan teknik penulisan yang sama sekali berbeda dari gaya penulisan yang lain.
Upaya memberikan arti terhadap copywriting mengarah pada situasi dan kondisi yang promotif, bahkan sebagian pihak mengatakan bahwa berbicara tentang copywriting berarti bebicara tentang iklan (penulis naskah diradio disebut scriptwriter, namun karyanya biasa disebut script radio saja, tidak menggunakan istilah scriptwriting, meski ruang lingkup pekerjaannya ada yang menjurus ke copywriting).
Arti copywriting secara ringkas adalah suatu karya tulis atau salinan copywriter, tulisan copywriting ini sangat kreatif karena kata-kata yang di pakai kaya akan olahan sehingga keajaiban makna tercipta, obyek yang hendak dijelaskan tampak lebih bernilai guna. Gaya bahasanya mudah dicerna bahkan terkadang terdengar akrab dengan para pembaca atau para pendengar (target audience) oleh karena itu maksud dan tujuan dari pengiklan menjadi efektif dan mudah diterima khalayak
Copywriting adalah hasil karya seorang copywriter yang berdiri sederajat dalam jajaran departemen kreatif bersama art director dan visualizer, obyek copywriting adalah mengolah kata dan menggunakan strategi kreatif periklanan yang mengacu pada hakikat produk ataupun jasa yang hendak diiklankan serta benar-benar mempertimbangkan keadaan pasar, konsumen, kondisi serta persaingan.
Gabungan kerja antara dan satrawi dan intelektual itulah copywriting , artinya membuat naskah iklan yang berstrategi, kamus thesaurus mendefinisikan strategi sebagai sebagai a method for making, doing, or accomplishing something (suatu metode pembuatan, pengerjaan atau menyempurnakan sesuatu) sedangkan dalam kamus Longman, strategy is the art of employing plans toward achieving a goal (seni menyusun perencanaan terhadap suatu tujuan yang diinginkan)
Jadi yang diinginkan dari sebuah copywriting adalah keberhasilan mencapai tujuan pesan penjualan, untuk mencapai maksud tersebut pengemasan copywriting harus bersandarkan pada strategi periklanan yang baku agar terhindar dari kedangkalan makna yang tidak melekat erat dibenak target audience.
Telah diuraikan bahwa copywriting adalah kemampuan kreatif dalam mengolah kata untuk menciptakan keajaiban makna, objek yang hendak dijelaskan menjadi lebih bernilai, gaya bahasanya mudah dicerna sehingga efektif dan diterima para pembaca atau pendengarnya (target audience), hal ini terjadi karena rangkaian kalimat yang disusun mempunyai kedalaman makna tersendiri, melekat dalam ingatan memberikan perbadaan penilaian yang positif, membuka peluang membentuk perilaku membeli, dan melahirkan generasi fanatisme yang hanya mau menggunakan produk atau jasa yang terpercaya.
Kedalaman makna copywriting akan teruji dipasaran khususnya menyikapi reaksi konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Secara harfiah atau konteks kalimat, kedalaman makna copywriting adalah sisi kronologis tata urutan kata yang tercakup dalam rangkaian kalimat sehingga memberikan pemahaman baru terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, suatu benda tidak akan terlihat seperti apa adanya, tapi nilai gunanya, faedahnya, manfaat yang akan diterima dalam jangka panjang akan semakin menawan jika disajikan dengan kekuatan kata dalam copywriting.
Secara psikologis, kedalaman makna copywriting adalah sisi inner (kekuatan dari dalam) yang menyemburat dari tatanan teks yang dibaca atau disampaikan oleh pengirim. Mempengaruhi aspek psikologis dan tampil meyakinkan yang membuat orang tidak ragu-ragu untuk mempercayainya. Ini adalah pekerjaan sulit tapi bukan tidak mungkin, kedalaman makna copywriting tercipta jika dalam peyusunannya menggunakan strategi kreatif atau pendekatan dan sistematika berfikir yang membantu dalam penyusunan naskah suatu iklan.
Pengertian individu dan masyarakat umum terhadap copywriting tentu berbeda-beda (bahkan mungkin ada yang tidah tahu sama sekali) namun kenyataan yang kerap dijumpai sebagian besar masyarakat memang benar-benar tidak mengerti apa copywriting itu. Meskipun mereka sebenarnya pernah dan bahkan sering melihat copywriting seperti saat berbelanja di mal tanpa sadar mereka telah membaca suatu display, atau iklan suatu produk, promo diskon dan sebagainya yang notabene adalah copywriting dan memang itulah kenyataanya, mungkin bisa diumpamakan dengan keadaan dimana kita mengenal dan sering melihat seseorang namun kita tidak tahu nama orang tersebut itulah keadaan copywriting dimasyarakat kita.
Copywriting dituntut mampu menggugah, menarik, memindahkan, mengidentifikasi, menggalang kebersamaan, dan mengkomunikasikan pesan dengan nilai komparatif dengan khalayak,

8 komentar:

Anonim mengatakan...

I like it whenever people come together and share ideas.

Great blog, stick with it!

Feel free to surf to my web page - laughably

obat kolesterol mengatakan...

copywriting sekarang sedang banyak di gandrungi dan dipelajari oleh banyak imer,eni menulis iklan ini memang wajib dikuasai..

GRATIS ONGKIR mengatakan...

Info yang menarik dan bermafaat

Pusat DISCOUNT mengatakan...

Artikel nya bagus dan bermafaat

serba MURAH mengatakan...

Artikel yang menarik dan sangat berguna
Makasih infonya..

Anwari mengatakan...

Berguna sekali buat saya belajar menulis nih.. Terimakasih banyak..

Dana Tunai Bpkb mengatakan...

Ada contoh nya ga gan copy writing tuh seperti apa...

Freedom distro mengatakan...

mantap